Senin, Mei 28, 2012

Hong to the Kong...

Akhirnya pesawat bernomor AK 1342 itu landing dengan kurang mulus di Sultan Syarif Qasim II... persis pesawat2 domestik yang landing dengan horornya.....

Tas yang aku rasa beratnya lebih dari 7 kilo itu tetap dengan semangat ku taruh dibelakang punggung.. menandakan banyak 'hal' didalamnya yang 'terbawa' entah bagaimana... stempel kedatangan pun kembali di capkan dengan kasar dan penuh nafsu oleh petugas imigrasi...


8 jam sebelumnya....

Pagi ini agak berbeda dengan 2 pagi sebelumnya.... tidur kurang jadi salah satu penyebab pagi ini menjadi lain...
Setelah landing manis di LCCT tadi malam jam 10.30 waktu Kuala Lumpur, aku pun bergegas menuju konter Express Rail Link, salah satu moda transportasi yang belum sempat aku coba setiap tiba di LCCT menuju tengah kota Kuala Lumpur. Tiket seharga RM 12.5 pun pindah ketangan ku seiring pindahnya lembaran Ringgit ke tangan kasir di konter berwarna dominan ungu itu... Selain belum pernah nyoba, mengejar waktu tiba di KL Sentral juga jadi alasan ku menggunakan Shuttle Bus & Train Transfer ini. Kabarnya, bisa hemat waktu hingga 20 menit buat bisa sampai dibanding dengan bus transit lainnya semisal Aerobus yang harganya RM 8.00...

Awalnya aku pikir, dari LCCT kita bakal dibawa ke KLIA yang berjarak 15 Menit buat transfer, taunya... semua penumpang diturunkan di terminal salak tinggi, terminal baru buat kereta cepat ini yang sepinya 11/12 sama kebun sawit... (ya iyaaalaaah.... wong terminalnya dikelilingi kebun sawit.... bodaaat) tapi, gak cuma terminalnya aja yang sepi, penumpangnya pun gak rame... gak tau apa karena pada banyak yang naik shuttle bus lain yang lebih murah, atau apa karena transportasi ini kurang promo dan agak mahal.... gak tau nanti deh.... apa mereka bakal bertahan, atau justru bakal nurunin harga biar penumpang pada mau naik kereta mereka,,,

Sayangnya, Express Rail Link ini cuman merk nya aja yang Express.... gak berbanding lurus dengan namanya, keretanya justru jalan tertatih2.... persis kereta pelesir yang lagi pamer pemandangan alam... ini boro2 pemandangan alam..... sejauh mata memandang.... yang diliat cuma kebun sawit dari kegelapan..... syukur2 gak ngeliat pocong atau kuntilanak lagi main kasti disana,,,,, huft...

Sampai di KL Sentral, udah jam 12 malam kurang 5 menit... artinya, aku cuma punya waktu 5 menit buat menuhin janji ke receptionnya POD's Backpacker, dimana di bookingannya aku tulis waktu kedatangan tepat jam 00.00...  artinya, si reception hostel bakal nungguin calon guestnya pada waktu yang udah di tentukan... mengingat di luar negeri jam karet itu gak berlaku, aku pun dengan tergesa2 tingkat dewa sibuk nanya sana nanya sini lokasi si hostel....
Dan 20 Menit kemudian, POD's Backpacker pun keliatan... dan seperti yang udah aku duga, pintu hostelnya udah dikunci..... dan gak keliatan ada tanda2 orang nunggu dari dalam.... SHIT!!!!
BB gak ada pulsa, HP mati dan hostel udah DP.... plus badan capek banget.... ngebuat mood turun drastis kayak lagi main roller coaster.... plek!!! Tapi, ya namanya orang Indonesia gak mau rugi.... aku pun dengan semangat 45 mikir bak Mac Gyver mikir gimana caranya biar tetap masuk ke hostel sialan itu... setidaknya, si reception nunggu kek.... atau apaaaaa gitu..... biar calon guestnya gak luntang lantung....
Entah udah berapa ribu kali bel yang ada di pintu luar aku pencet, tentunya dengan harapan pintunya kebuka, sampai akhirnya aku berada dititik jenuh,,,,, dan berencana buat congkel ini pintu hostel..... sayaaang... ada CCTV... kan gak lucu... ntar dideportasi (setelah sebelumnya di siksa dulu) karena disangka mau maling dinegeri orang.... yang maling siapaaaaaaa coba...
NB: Alasan terbesar aku memilih hostel ini karena lokasinya yang dekat banget 'dilihat dari peta' dengan KL Sentral... padahal aku lebih milih Bukit Bintang buat stay, tapi takut gak ada transportasi lagi kesana selain taksi yang pastinya masang tarif miring sinting.... secara itu malam minggu dan mustinya di Bukit Bintang macet... cet... ceeetttt.....

Tapi, sebelum niat congkel mencongkel hostel itu terlaksana..... seseorang yang aku sangka adalah si receptionist hostel, keluar dengan tampang kayak abis coli..... beuh,,,, dan nanyain... "are you the guest??" yang kemudian aku jawab dengan... "menurut looooo??" tapi dalam hati saja.... dan setelah nunjukin print-an booking, malam pun dimulai........ walau letih.....tidur tak selesaaaa lah... sebab, die punye room kecik sangat dan tiade air conn pulak...... tak patuuuut........

Bangun pagi... KL sentral pun disasar menuju Batu Caves.. satu tempat yang baru aja dibangun 'stesyen' Komuternya... Yap... I went to Batu Caves for last trip while transit....

Batu Caves sendiri sebenarnya Bukit kapur yang didalamnya ada beberapa gua, yang kemudian dijadikan tempat ibadah oleh orang2 Hindu Kuala Lumpur... Orang2 Hindu yang juga adalah komunitas India disana mendirikan Kuil yang didedikasikan untuk Dewa Murugan. Didalamnya juga ada beberapa arca yang dikasi warna persis di gambar2 dalam rumah Shahrukh Khan... (Hoiiii.... Shahrukh Khan tu musliiiim taooook..... percaya lak kelen tuuuuu) untuk menuju keatas kuil itu.... kita kudu menapak di 272 anak tangga yang akan menjamin kita ngap2 alias ngos2an bahkan ketika belum sampai diatasnya..... Disarankan, buat kalian yang berniat ke Batu Caves dan suka keliyengan atau ayan... sebaiknya cukup berfoto aja dari bawah, di depan patung Dewa Murugan yang megah dan mengkilap... entah berapa banyak braso nanti yang dibeli pemerintah Malaysia buat bikin itu patung kinclong lagi... secara patungnya cuma dicat pake tinta berwarna emas.... Soalnya, diatas sana gak ada yang spesial, selain kuil2 yang kurang dirawat (walau masih dipakai sembahyang) dan puncaknya yang bolong dan bisa menatap langit,,, selebihnya cuma ada monyet yang pipis dimana2,,, yang baunya bikin pesing itu gua,,, sejujurnya, Indonesia punya banyak gua yang lebih keren dari pada itu.... maka... lets googling for it...!!!



8 jam sebelum ketibaan di LCCT....



Cita2 berfoto di Tian Tan Budha akhirnya kesampaian, padahal..... awalnya, ke Hong Kong itu salah satu tujuannya ya belanja di Mongkok (weeeee.... sok kayaaaa) atau main judi di Macau (mustahiiiil.............. duit dari manaaa??? udah dibilang... sok kayaaaaaaa....) dan salah satu hal yang bikin keinginan buat ke Ngong Ping di Pulau Lantau itu dan berfoto di depan Big Budha adalah karena patung itu hampir kena meteor (alien) di film Battleship... sungguh keinginan yang kurang bisa dibanggakan.....


Pagi Sabtu itu cerah..... pagi yang disyukuri setelah pagi sebelumnya hujan mengguyur Hong Kong dengan awetnya.... Pagi ini patut disyukuri karena dengan cerahnya bakalan membuat hari terakhir di Hong Kong ini jadi hari yang spesial.... Bangun jam 8.00 pagi waktu Hong Kong itu sejujurnya adalah prestasi... secara di Indonesia, jam segitu masih jam 7.00 pagi... yang artinya to earlier to wake up on weekend.... Rencana ke Ngong Ping yang seyogyanya kemarin, dilancarkan hari ini, sebelumnya.... aku dan 2 teman (dalam trip Hong Kong ini) buru2in buat balik lagi ke Tsim Sha Tsui dan foto2 di Victoria Bay dan Avenue of Star... padahal, malam setelah mendaratnya kita di HKIA (Hong Kong International Airport) tujuan pertama setelah check in di Worldwide Hostel adalah tempat ini, dan emang.... view malam bagusssssss bangeeeet..... tapi karena belum puas, kita masih pengen nikmatin Victoria Bay yang jadi landmark Hong Kong di pagi hari.... and its also amaayyyyyziiing..... yes... it was!!!!


Sempat 1 jam di sana dan masih belum puas dengan pemandangan gedung2 tinggi khas Hong Kong.... kita pun kembali menyusuri bawah tanah Hong Kong... dari MTR Tsim Sha Tsui (MTR System dengan jalur merah) transit di Admiralty (MTR jalur biru Hong Kong Island jurusan Chai Wan) untuk selanjutnya ke Causeway Bay dimana Hostel ke 2 kami selama di Hong Kong berada dan perjalanannya diganjar HK$ 9.90 (Kaliin aja Rp 1.200). Dan tepat diatas stasiun kereta api bawah tanah ini, Hostel kami berada.... sungguh perjalanan melintasi pulau yang singkat, dan ajaibnya dibawah tanah, melintasi Selat Victoria...


Setelah Check Out, kita ambil MTR ke Central dari Causeway Bay buat transit ke Tung Chung (MTR jalur kuning) berhubung ini agak jauh dan melintasi 4 wilayah pulau, yaitu Hong Kong Island, New Territories, Tsing Yi, dan tentunya Lantau Island membuat kartu sakti Octopus Card di debet HK$ 24.2..... Nyampe di Tung Chung, perjalanan ke Big Budha masih panjang, sepanjang kabel yang terbentang sebagai jalur buat Cable Car dari Tung Chung ke Ngong Ping Village, tempat dimana Budha Raksasa itu bersemayam.... Ongkos PP gondola ini sekitar HK$ 125, kalau mau nikmatin suasana yang beda, kita juga bisa pilih Crystal Cabin seharga HK$ 188 dengan kelebihan yaitu lantainya kaca tebal tembus pandang.... pasti seru... sayang mahal.... (Backpacker kere has spoken...) Lebih kurang 25 menit (setelah ngantri hampir 1 jam) akhirnya dari kejauhan samar2... karena ketutupan kabut, kelihatan lah sosok sang Tian Tan Budha.... jauh di puncak bukit.... jadilah karena waktu yang gak banyak, secara itu nyampenya aja disana udah jam 2 siang dan sementara pesawat buat pulang ke Kuala Lumpur jam 6 sore, maka kurang dari setengah jam keliling2 disana, kita pun balik lagi menjajal Cable Car kebanggan orang Hong Kong itu... akumulasi perjalanan naik Cable Car dan ngantri, jadilah kita nyampe lagi di Tung Chung jam setengah 4 Sore... Sumpah itu adalah jam2 paling menyesakkan didada karena mikir panik takut telat nyampe bandara akibat jalur MTR yang putar balik padahal dekat.... dan tanya punya tanya plus liat2 sign board, akhirnya kita nemuin alternatif lain buat ke Airport dari Tung Chung yang dekat... bahkan dari Cable Car tadi keliatan..... yaitu dengan Shuttle Bus.... (dan beruntungnya itu bus gratis tis tis tiiiiisssss....) walau tadinya belagak nge-scan si Octopus Card pas masuk bus..... jadilah jam 4 kurang 15 menit kita nyampe di bandara dengan perasaan bahagia serta lega yang luar biasa.......


8 Jam sebelum bangun tidur di Hostel ke 2 (Wangfat Hostel Causeway Bay)....

Ternyata.... 8 jam sebelum jam  8 pagi itu adalah jam 12 malam... maka ceritanya mundur ke 8 jam sebelumnya lagi.....


8 Jam sebelum jam 12 malam....
Hayoo.... jam berapaaaa....??? Yap betuuul... jam 4 Sore.... kita waktu itu jam segini lagi di The Peak...... The Peak atau yang juga disebut Victoria Peak adalah tempat yang kudu dan harus di kunjungi kalo ke Hong Kong... kenapaaaaa??? karena kita bakal bisa ngeliat pemandangan yang wokeeeeeeeeeeh banget dari atasnya... yaitu Hong Kong dari sisi Kowloon dan Hongkong Island.... ini tempat yang kalo dibilang Mickael, bule Prancis yang tinggal di Hong Kong yang kebetulan kenal waktu di Singapura itu Greaaat.... Awesome Place and you will love it, Rico.... i guarantee you..... dan sungguh.... pemandangannya emang spektakuler..... walau waktu itu agak ketutupan kabut karena Hong Kong yang hujan sehari suntuk...... ini pun pas kita ke The Peak maksain setelah dari pagi berharap Hong Kong bakal cerah... dan masih dalam keadaan gerimis pas kita menyusuri blok demi blok di Tsim Sha Tsui....
Perjalan ke The Peak agak ribet untuk pemula di Hong Kong... karena menurut gugel... kita juga bisa naik Tram... secara seumur2 penasaran naik Tram... jadilah kami nyasar naik Tramnya sampai ke Happy Valley... untungnya ada mbak2 berwajah Indo..... (berwajah Indonesia bangeeet maksudnya,,,) yang aku curigai adalah salah satu pekerja Indonesia di sini yang dengan baik hatinya mau nunjukin jalan ke The Peak... dengan bahasa Indonesia nya yang masih kental logat jawa, dia pun nunjukkin arah yang benar serta Tram yang benar menuju Peak Tram (Tram yang bakal di pake mendaki ke Bukit Victoria)

Walau masih sedikit nyasar dan sedikit gerimis..... akhirnya, berbekal peta dan berbekal tanya... kita pun sampe di stasiun Peak Tram yang di hargai HK$ 40 (Rp. 50.000-an Pulang pergi)..... Tergoda sama Sky Terrace (teras atas tempat ngeliat pemandangan spektakuler itu) dan juga penasaran sama Museum Madame Tussauds kita pun merogoh kocek dalam2..... hiksss..... (tapi sudah laaaaah..... udah di Hong Kong puuuuuun.....)
Alhasil... selain nemuin pemandangan yang spektakuler.... beberapa souvenir..... dan pota-poto sama kak enjelina joli, kak nikol kidmen, bang aron kwok... bang jeki chen... sampe bang elvis preslei.... kita pun balik lagi ke daratan naik Peak Tram yang bikin puyeng karena miring sampe 85 derajat sampe ngebuat gedung2 keliatan miring.... tapi sumpah... dari sedikit perjalanan ini.... pengalaman yang di dapat ruuuuarrrr biaaaassssa...... gak cuma bisa ngomong Hong Kong kalo lagi ngejekin orang (misal: A: aku ganteng ya.... B: ganteng dari Hong Kong...) tapi juga nanti bisa pamer.... emang dari HONG KOOOOONG gantengnya!!!!!!..... masssyaalaah buat loeeeeeee??? hahahaha.... *mulaigila


80 jam dari bangun untuk pertama kalinya di Hong Kong.....

Ini hari Minggu.... gak seperti weekend2 sebelumnya.... weekend ini rasanya lebih excited dan bikin deg2an.... pertama, weekdays setelahnya cuma 3 hari yang di pakai kerja,,,,, dan kedua..... long weekendnya adalah long weekend yang di tunggu2 dari 1 tahun lalu..... iyaaaaaaa... 1 tahun lalu.... sekitar mei 2011, bulan dimana aku nemuin jalan yang lumayan murah buat ke Hong Kong..... yeaaap... HOOOONGG to the KOOOOONG.....

Gak perlulah aku sebut seberapa murahnya.... tapi yang jelas, untuk ukuran ke Hong Kong, Airasia ngasih fare yang Alhamdulillah,,,, murceeee,,,, muraaaah cekaliii....... dan ini ngebuat 3 hari kerja ku gak nyenyak akibat terlalu bersemangat dan deg2an yang juga terlampau menjelang keberangkatan ke Hong Kong.... Akhirnya penantian panjang sudah didepan mata,,, persiapanpun lumayan matang... tiket udah ditangan,,, udah menjelma jadi borading pas via check in online.... Dollar Hong Kong udah ditangan, hostel udah di hunting dan udah di booking,,,, dan itenerary udah di browsing....... what an amayyziiinggg journey become true.............. so.... jadilah 17 mei pagi... pesawat terbang ke KL dan 17 siang melayang 4 jam ke Hong Kong.... yeaaah...... I went to Hong Kong already,,,,,,, yeaaaah.... i've been on Hong Kong pal....... *pamergigipegangdahigoyangkanankiri

16 komentar:

Anonim mengatakan...

Anyiiiiinnggg...
Seru pisan nyak...
I envy u combro!!

Anonim mengatakan...

Di Hongkong sendirian ato ngikut tur lokal sna bos?

ricodecoro mengatakan...

hei anonim1 yang aku duga adalah pacarnya cubebon.... hm...... kapan kita kemanaaaaa?????

ricodecoro mengatakan...

hai anonim2.... gw gak pake tur lokal bro.... mahal ituuuu.... gw hanya berbekal intuisi seorang bekpeker newbie.... dan berbekal sertifikat pandai membaca peta dan mencari info di google..... hhehehhe

Anonim mengatakan...

Wuiiyyy seru bgt kak,jd pingin.btw,klo Ke hongkong pakai visa ga? Klo pakai brp? N brp lama bikinnya? Ribet ga? Syaratnya apa aja. :D

ricodecoro mengatakan...

hey anonim3.... iyaaa... seruuu banget kalo urusan jalan2... hehehe..... hongkong gak perlu ngurus visa kok, free entries kayak malaysia, thailand, singapura atau filipina.... pas masuk imigrasinya, ntar dpt 30 hari visa kunjungan,,,, kecuali klo kamu mo jd tkw disana... hehehe.... baru dah ribet ngurusnyaaa... huhuyyy

Anonim mengatakan...

Iih gileee keren bgt cerita nya narasi nya bkin gw ktawa ngakak...seru skalky ya mas bro,,mdh2an bs ke HK deh:)

ricodecoro mengatakan...

heloo anonim 4...... ku doain dah bisa ke HK juga.... amin amin amin

Heri Setyawan mengatakan...

Jadi pengen balik lagi ke Hong Kong, hmmm smoga akhir tahun ini bisa mengulang kisah luntang lantung gw dengan rute Hong Kong - Macau

Anonim mengatakan...

Mantap gaya bahasanya, kya' film "Vantage Point", narasinya dibuat flashback. Dan yang paling gak banget itu adalah berhasil bikin ngiri saya tingkat negara!!!

ricodecoro mengatakan...

yeah you should..... doakan aku juga yaaa......

ricodecoro mengatakan...

hey anonim5.... terimakaasiiiii...... iri itu ilmiah..... makan, berdoa dan menabung lah... hehehe

Ratu balqis mengatakan...

harus tanggung jawab nih, udah bikin aku ngiler pengen kesana jugak >,<

Anonim mengatakan...

bg rikoo.. patung ce nya sms neh,,
katanya dia gerah bgt dipeluk ters,,hahahah

ricodecoro mengatakan...

udah... apus dulu ilernya sana,,,,

ricodecoro mengatakan...

hai anonim6.... jaman skrg masih sms-an???? kan dia punya bb.... hahaha