Selasa, September 02, 2008

Puasaaaaaaaa……. dan sabaaaaaaaaarrrrrr

Tahun 2008 ini puasa yang kesekian kalinya buat aku. Mungkin juga buat kelien2 semua. Tapi rasanya puasa taun ni lumayan sedikit bikin aku bergairah dari puasa2 sebelumnya. Pertama karena aku ngerasa ikhlas ngejalaninnya (secarrra tahun lalu sih ikhlas juga, tapi banyak cobaannya lah…. Mulai dari urusan kerjaan ampe urusan lain2) dan kedua karena aku udah ngerasa sedikit “gede” dan sedikit “berisi”. Gede dalam urusan umur dan berisi dalam urusan ilmu dan amal. Kalo dulu sih masih jaman2nya nuntut ke yang KUASA… kebanyakan kalo lagi dapet cobaan pasti ngomongnya… WHY ME LORD…. WHY ME…… berasa jadi orang paling buntung sedunia… sekarang sih gak gitu2 kali. Karena ternyata tuhan masih sayang lah sama aku. Dan kayaknya puasa tahun ini harus aku isi dengan banyak hal, terutama persiapan menjelang ujian skripsi. Satu hal yang menjadi momok (pls….. jangan pernah kata “momok” itu direshufle huruf vokalnya…. Please….. dosaaaaa ) buat anak2 kuliahan. Dan ternyata hal yang aku sebut sebagai momok tadi sedang aku hadapi dengan penuh perjuangan dan pengorbanan…. Duuuh….

Nah… ngomong2 soal puasa… sebenarnya dari tahun ke tahun yang paling berat itu bukan nunggu bukanya atau bangun makan sahurnya, tapi ngedengerin ustadz2 itu ceramah “gak karuan” di mesjid. Bikin Ngantuk!!! Ada beberapa ustadz yang emang cerdas pas ngasi ceramah, tapi kebanyakan yang aku dengar mereka pada kacangan… ceramahnya ga berisi dan mungkin si ustadz juga belum tentu nerapin apa yang dia ceramahin itu ke dirinya atau keluarganya. Apapun itu… whatever lah… toh kita juga belum tentu bisa jadi penceramah. Mumpung mereka berani dan nekat aja.

Dan banyak yang bilang, puasa itu melatih kesabaran…. tapi kalo untuk melatih kesabaran kayaknya gak cuman pas bulan puasa aja deh. Misalnya sabar nungguin antri di bank pas hari2 biasa, atau sabar pas ada yang nyaci maki kita dijalan karena kebodohan kita atau kebodohan orang yang lainnya (sebenarnya urusan caci maki org dijalan lebih banyak aku lakukan dari pada ku terima…. hehehe). Dan ngomong2 soal sabar, aku jadi inget pengalaman tersabar aku waktu dijakarta kemaren.THE MOST PATIENTLY THING THAT I EVER DONE. Begini ceritanya…… auu…….

Ada seorang gadis (nama disamarkan sedemikian rupa untuk menghindari fitnah atau kenarsisan sang tokoh karena kayaknya dia emang udah nunggu2 namanya tercantum di tulisan ini…. hahahaha) yang jauh2 hari sebelum aku menjejakkan kaki dijakarta janji bakal ngajakin aku keliling Jakarta pake motornya. Bahkan H-1 sebelum aku nongol di kota sejuta waria itu, dia ngajakin aku ke dufan… satu tempat yang memang rencananya akan aku invasi. (kampung banget ya….. ke dufan aja bangga!!!)

Dan tibalah hari H dimana calon superstar ini menghirup kotornya udara Jakarta dan bermandikan air PAM yang kualitasnya gak beda jauh dengan air kolam renang disalah satu hotel dipekanbaru (bau kaporitnya aduhai…..). dari janji si cewek yang niatnya mo ngejemput aku jam 12 siang ke daerah mampang dimana aku janjian menunggunya, aku pun bersiaga dari jam 9 pagi. Berangkat pake busway (untuk pertama kalinya naik busway dengan modal nekat dan IQ diatas rata2, secara kunjungan aku kali ini ke Jakarta mempergunakan statusku sebagai rakyat jelata demi misi rahasia, tidak seperti kunjungan2 sebelumnya yang kemana2 pake limosin demi menjaga nama baik keluarga…. Bangsa dan Negara…. Onde… gaya bana…) dari daerah manggarai aku pun dengan pede nongol di shelter mampang prapatan buat sekalian singgah sebentar ketemu fans2 aku di gedung Trans TV. Pas jam 9.20 lah aku nyampe di mampang prapatan shelter (please check your belongings, and step carefully,,, thankyou) dan aku pun menghabiskan waktu 2 jam 40 menit buat memuaskan hasrat fans2 ku yang sudah lama tidak bertemu…. Cieeee….

(hasil jepretan nakalku diatas bussway shelter mampang)

Dan tepat jam 12… aku dapet sms dari sicewek (kita kasi aja nama samarannya “cewek me’di” ----me’ dibaca seperti melafazkan ee’ bukan eek dengan K, tetapi dengan ‘ain---- kenapa?? Karena begitulah sicewek itu men-spellingkan McD, dan begitu juga dengan jogja yang ia sebut jo’ja ---tentunya dengak ‘ain--- atau di kata wa’tu untuk waktu). Cewek me’di itu bilang dia akan menjemput ku jam 12 teng (duuuuh udah kayak sinderella ajeeee dijemput pake kerete kudeeee) di halte busway mampang prapatan. Dan akupun jam 12 itu bergegas secepat mungkin dari daerah gedung Trans TV yang lumayan jauh dari halte mampang dengan berjalan kaki. (sekali lagi, kenapa jalan kaki?? Adalah demi suksesnya misi rahasia ini, misi berpura2 menjadi rakyat jelata…..) dan…. Dengan gantengnya, didampingin 3 orang fans, aku pun tiba di halte mampang. Namun…. Si cewek me’di belum nongol untuk menjemput ku….. lalu, apakah sinderella ini akan bener2 jadi rakyat jelata karena belum dijemput ama kerete kudeeenya??? Secarraa… udah lewat dari jam 12….??? Hm……

Sms pun masuk, ngabarin kalo sang penjemput ku (bukan penjemput ajal ya…) kena macet…. Dalam hati…. Aku ngerti… biasaaaa jakartaaa….. ok…..

Setengah jam berlalu……..

Aku tanpa resah dan gelisah nanyain kabarnya…..

Dibalas…. Katanya kelupaan bawa STNK dan balik lagi kerumahnya……

1 jam berlalu…….. dan fans2ku mulai resah….. tapi aku tetap setia tanpa resah dan gelisah……

Aku nanya lagi posisinya dimana…..

Kali ini jawabannya…… motornya bocor kena paku…..

Dalah hati…. Oke….. sabar… baru 2 hari lalu berita di TV bilang jalan2 di Jakarta banyak ditebar paku oleh oknum2 tambal ban dan rampok.dan…..

1 jam pun berlalu dengan resah dan gelisah… gelisah disini bukan cuma gelisah menunggu 2 setengah jam tapi juga udah gelisah yang lain alias geli-geli basah…. Maklum… Jakarta pengap…. Dan aku pun mulai nyoba….. nelpon… gak diangkat2, bahkan sempat direject…. Sms….. dan dibalas dengan, jangan ditelpon…. Low batt….. (?????? Mencurigakan…. Sungguh!!!) sampe akhirnya setengah jam berikutnya menyiksa aku dengan pertanyaan2 dari diri aku sendiri….

--- begitu sabarnya aku…

--- gileee ajeeeee aku terlunta2 nungguin anak orang di halte…..

--- anjruuut…… 3 jam gila…. Sabaaar beneeeeeerrrrrr… 3 jam Cuma nungguin??

--- ampuuuuun DJ…… apa aku pulang aje???

Sempat sih terbersit buat pulang aja…. Tapi, takutnya dia bener2 dateng…..

Yah…. Akhirnya 3 jam yang menyiksa dan membuat aku terlunta2 ditebus…. Si cewek me’di nongol pake motornya agnes… Honda WARIA….. ingat gak jinglenya…. Oooo waria…..oo wariiaaa…… Honda waria…. IM WARIA….. HOW ABOUT YOU??? (najong!!!)

Dan kisah pun berlanjut di dufan….

Aku tanpa prasangka….. (3 jam gilaaa….. kemana ajee gue????)

Aku tanpa curiga……… (3 jam nunggu…… sabaaaaar beneeeer,,,,,)

Dan aku cuma bisa ngomong ke diri sendiri…. Ujian sabarnya berhasil….. Tuhan baru aja nandatanganin sertifikat manusia tersabar didunia dengan nilai A sempurna buat aku….. pasti!!!!!

Padahal itu bukan bulan puasa…….

Untungnya…..

Kalo bulan puasa mah…… gak ngerti deh…..

Becarut….. becarut deh,,,,

Hm………………..

Udah panas….. haus,,,,, becek… ga ada ojek….. mmmppffffhhhh……..

Tidak ada komentar: