Sabtu, Januari 03, 2009

farewell...... mbak wik.....

Adalah mbak dwi… (duuh…. Kali ini gaya nulisnya rada2 serius gila getooo)
Sang resepsionis paling baik hati yang pernah aku kenal.
Walaupun aku gak kenal lama ama mbak dwi, tapi gelagat mbak dwi selama aku kenal ama beliau, sangat menunjukkan hal-hal yang patut diapresiasi.
Mbak wik (nama akrabnya….) udah sekitar setahunan bekerja di kantor yang sedang mentraining aku.
Dan dengan keramahan serta baik budi, mbak wik pernah cerita ke aku gimana awalnya dia bisa terdampar dipekanbaru. Hm… yes she’s not Pekanbaru citizen. She is from Magelang. Katanya sih, awalnya mbak wik cuma main2 doang ke pekanbaru atas request pamannya yang belum pernah ngeliat wujudnya mbak wik (paman yang aneh…)
Eh… alhasil…. Bukannya liburan, mbak dwi malah mengambil jatah lowongan kerja budak melayu yang sampe sekarang masih banyak yang nganggur gak karuan. Dan, acara main2 mbak wik di pekanbaru berubah menjadi ajang cari duit dan cari nafkah yang akhirnya membuat mbak wik meninggalkan kampung halamannya dan so pasti juga sukses membuat hubungannya yang in progress to married bersama pacarnya di Magelang menjadi long distance relationship. Dan… waktu pun berlalu saudara2…

Gak tau gimana…. Akhirnya…. Di Pekanbaru, mbak wik pun menemukan seseorang yang (kabarnya sih…..) mencintainya, tulus, tanpa pamrih dan juga rajin mengajak mbak wik nonton film2 terbaru. Secara sang pacar punya akses masuk gratis buat nonton film di bioskop twenty one… yah…. Yang namanya cinta…. Anything can happen…. Everything can be possibility….

Sebenarnya…..
Dulu, berkat mbak wik dan mas fery lah aku terbebas dari ngantri panjang di hari pertama pemutaran laskar pelangi di Pekanbaru. Temen ku MK (lagi2 dia….) yang merekom mbak wik buat menjadi penyelamat nasibku dari antrian panjang. Dan mbak wik lah yang membujuk mas fery buat ngambilin aku 2 tiket laskar pelangi tanpa ngantri. Dan beruntungnya, aku pun dapet waktu nonton dan posisi paling nyaman buat nonton pilem paling ditunggu sepanjang 2008. pokoknya, thx berat lah buat mereka berdua… peluk cium dari aku… wakakaka…

Hm……
Tapi, kebaikan hati mereka berdua kayaknya gak sejalan dengan kisah cinta mereka yang kabarnya bak rangga dan cinta..... Mbak wik ‘terpaksa’ nikah di magelang secara mendadak dalam suasana haru. Dan juga secara gak rela ninggalin mas fery yang konon kabarnya baik gak ketulungan setengah mampus ama mbak wik…







Ceritanya gini….
Suatu hari, aku gak ngeliat mbak wik di meja resepsionis, seperti biasanya. Sampe menjelang siang, tanda2 penampakan mbak wik gak kunjung keliatan. Sampe akhirnya aku tahu mbak wik terpaksa pulang kampung buat ngunjungin bapaknya yang sakit.
Tapi, lagi2 kunjungan mbak wik yang awalnya buat ngeliat bapaknya yang sakit berubah jadi acara ngerawat bapaknya (inilah contoh anak yang berbakti saudara2). Tapi, beberapa hari kemudian, hal yang paling gak disangka dan gak dinyana terjadi. Bapaknya mbak wik makin parah sakitnya. Dan ternyata ini (menurut ada jawa yang dianut keluarganya mbak wik) mengharuskan mbak wik (yang belum nikah dan udah cukup umur) buat melepaskan masa lajangnya (atau dengan kata lain buat menghilangkan keperjakaan seorang lelaki… tentunya setelah ijab kabul, itupun kalo si lelaki masih perjaka, ya... untung2an lah....). Usut punya usut, mbak wik harus dinikahkan dalam tempoh jang sesingkat-singkatnja agar hal2 yang gak diinginkan urung terjadi. Dan pilihan keluarga jatuh kepada………………………………………… pacar mbak wik yang ada dikampungnya, dan menghiraukan kisah asmara mbak wik dengan pria baik hati bernama fery….. how terrible situation… namun, tuhan berkata lain…….. bapaknya mbak wik, mangkat sebelum penghulu datang. Padahal, harusnya ijab kabul disaksikan bapaknya mbak wik… dan… rencana pun berubah…. Bukannya mbak wik gak jadi dinikahin mendadak…. Tapi…………… mbak wik tetep harus dinikahkan sebelum bapaknya dikubur dan ijab kabul kudu di lakukan di depan jenazah bapaknya. Dan yang jelas…. Gak kebayang gimana perasaan mbak wik (orang yang kukenal baiiiiiiiiiiiik banget di kantor) malam itu…. Musti ninggalin mas fery yang baiknya ampun2an, musti mendadak nikah dan musti mengikhlaskan kepergian bapaknya….. tapi… disisi lain…. Hari pernikahan yang seharusnya menjadi hari paling membahagiakan dalam hidupnya harus dilaksanakan dalam waktu yang gak ada bahagia2nya sama sekali. Ntah lah… perasaan apa yang dirasain ama mbak wik…. Kayaknya cobaan yang dia dapet beraaaaaaaaaat banget… dan cobaan itu harus dihadapinya beruntun dalam satu hari dengan keadaan yang amat sangat penuh dengan duka dan air mata…. (wah… bahasa aku… kayak novel2nya mira w atau marga t…… JADULLLLLL)
Sumpah… tiap aku certain kisah ini ama temen2, mereka pada bilang kisahnya kayak cerita sinetron ajah… (penggosip mah.....) tapi… kejadian yang kayak sinetron inilah yang bener terjadi di dunia fana ini…. Kayaknya tuhan ngebuktiin kalo omongan kita selama ini salah tentang sinetron yang suka lebay kisah tragisnya… atau tuhan bosen dengar kita mengeluh (dan bilang, apalah sinetronnya ni…. masak sedih kali ceritanya… memandai2 mah, sutradaranya….) kalo nonton sinetron yang kelewat sedih dan isinya penderitaan si tokoh utama (hahahaha…. apalah yang aku bilang ni….. bodoh kalilah…..)

Dan…. 2 hari setelah pernikahan mbak wik…..

Aku ngeliat mas fery (pas lagi nonton di 21 dan kebetulan kebelet pipis, dan ngeliat mas fery di lorong antara tangga darurat dan toilet umum) duduk lesu, mukanya suram, penuh duka, patah hati, gundah gulana, lara, nestapa….. pokonya menderitalah…….

Pasti karena cinta…………….. cinta yang hilang…………….cinta yang mendadak sirna…….bukan karena ada dusta diantara kita….. tapi…… karena tradisi………gilaaaaa yaaaaaa………………………..hari gini…………………………tragisnya nasib mas fery……….apalah rasanya tu…….mbak wik pun…..apalah rasa hatinya tu………HIKS



Beberapa hari sebelum mbak wik dapat kabar bapaknya sakit……… dan pulang kampung…………..

Kita yang lagi duduk2 diteras kantor, tiba2 kaget karena ada temen yang ngeliat ular kecil warna ijo nongol dari bawah kap motor mbak dwi……. Ular yang nongol menggeliat kesana kemari…… trus akupun manggil2 mbak wik sambil mengeliat2 gak jelas… abis… aku geli ama ular beneran…. Kalo ular yang lain sih……… gimanaaaa geto…. Wakkakkaka…. Ular mainan maksudnya……. Iya…. Ular mainan……. Itu tu…. Ular yang bisa diajak ‘main’…… wkakakakakakakakka.,…….
Mbak wik pun lompat dari meja resepsionis dan buru2 keluar ngeliat…..

MBAK WIK: “Mana???? Mana???????”
AKU: “Itu mbak….. deket bawak kap motornya…..”

Temen2 makin heboh sambil nunjuk2in tempat ularnya sembunyi trus nongol dari balik kap motor…. dan gak lama kemudian…. Sang ular hijau pun (alias shiao ming) minggat dari motornya mbak wik….
Kita terheran2 kok tiba2 ada ular yang dengan anehnya nongol di motor mbak wik…..
Trus aku pun nyelutuk….

AKU: “ih….. Kok ada ular yah????”
MBAK WIK: “oh…… mungkin aku bakal kawin sebentar lagi kali…….” (sambil becanda dan gak mikir bahwa apa yang mbak wik omongin barusan, bakal jadi kenyataan)

Sayonara mbak wik…….
Sampai berjumpa pula………………………
HIKS…..

1 komentar:

Anonim mengatakan...

i miss mbak wik too....
hiks...hiks...hiks...

she is the nicest receptionist i ever know...

_gE_